Friday 7 August 2015

Memperbaiki Asus Fonepad 7 K012 BOOTLOOP

Memperbaiki Asus Fonepad 7 K012 BOOTLOOP 

Asus Fonepad 7 K012 (FE170CG) merupakan tab yang murah meriah dengan fasilitas yang ok. Saya adalah salah satu orang yang menyukai keluaran dari vendor asus bahkan laptop samartphone dan tablet pun saya mempercayakan asus.
Beberapa hari yang lalu saya mendapati tab saya mengalami bootloop. Bagi yang belum tau bootloop, bootloop adalah istilah untuk gagal booting untuk perangkat smart phone anda. Secara umumnya Bootloop adalah adanya masalah pada sistem android dimana tidak bisa melakukan startup sehingga sebelum masuk ke menu home, akan tetapi otomatis kembali lagi ke state awal seperti ketika kalian menghidupkan smartphone.
Dalam kasus saya Asus Fonepad 7 K012 bootloopnya hanya bergambar asus dengan loading yang hampir berjam-jam, sempat putus asa kok bisa terjadi bootloop dengan Asus Fonepad 7 K012 saya. 

Berawal dari mendapatkan notifikasi di tab asus saya update versi terbaru dari jelly bean ke kitkat telah tersedia saya langsung mendownload nya pada awal-awalnya sih OK saja tapi ketika beberapa hari kemudia sering terjadi error dengan pesan "Program XXX tidak merespon" yang ada hanya tombol ok dan tunggu.
Setelah saya cari-cari di google dan saya ingat-ingat update terbaru android versi KITKAT lah penyebabnya, update versi kitkat  untuk Asus Fonepad 7 K012 ternyata menyisakan bug dan error bahkan menyebabkan hang. Beberapa artikel saya baca dan sedikit rumit sih jika sebagai orang awam. Bahkan ada teman saya yang rela mengeluarkan duit sekitar 50rb sampai 100rb untuk melakukan downgrade dari Kitkat ke Jelly Bean. Kalo saya sih bukannya gak rela karena bagi saya otak atik android bukan lah hal yang asing maka bulat niat saya untuk memperbaiki sendiri Asus Fonepad 7 K012.

Kembali lagi jika anda berselancar di dunia maya anda akan menemukan banyak sekali artikel mengenai Cara Terbaik Memperbaiki Asus Fonepad 7 K012 BOOTLOOP tapi sayang artikel-artikel tersebut copy paste, bahasanya sulit dimengerti dan jarang menyertakan gambar. Nah sekarang saya akan coba membatu teman-teman yang kesulitan. tanpa mengeluarkan biaya hanya membutuh kan koneksi internet (walaupun pake kuota juga hehehehe) sedikit waktu membaca artikel ini, mencoba, kemudian berdoa dalam hati :)

Cara Terbaik Memperbaiki Asus Fonepad 7 K012 BOOTLOOP.
Ada 2 metode untuk memperbaiki nya mungkin saya harus mulai pada tahap yang sederhana saja, yaitu menggunakan metode hard reset.

  1. Pastikan Asus Fonepad 7 K012 Dalam Keadaan mati.
  2. Jika sudah Tekan tombol volume atas dan power secara bersamaan. tunggu beberapa saat dan anda akan masuk ke halaman droidboot.
  3. menurut beberapa artikel yang saya baca droid boot Asus Fonepad 7 ada beberapa versi, jika Asus Fonepad 7 menggunakan android jelly bean saya sebut dengan versi 1, jika Asus Fonepad 7 menggunakan android Kitkat saya sebut dengan versi2 . versi 1 ada 6 pilihan menu (reboot droidboot, reboot, factory reset, sd download, power off, sd update. untuk detail lihat gambar 1 sebelah kiri). versi 2  ada 5 pilihan menu (reboot droidboot, reboot, wipedata, recovery, power off untuk detail lihat gambar 1 sebelah kanan).
  4. Nah jika droidboot anda menggunakan versi 1 silahkan pilih menu factory reset dengan menekan tombol volume kemudian tekan tombol power untuk memilih menu nya. tunggu beberapa saat Asus Fonepad 7 K012 anda akan reboot. jika berhasil maka akan masuk kemenu home.
  5. Nah jika droidboot anda menggunakan versi2 silahkan pilih menu wipe data dengan menekan tombol volume kemudian tekan tombol power untuk memilih menu nya. tunggu beberapa saat Asus Fonepad 7 K012 anda akan reboot. jika berhasil maka akan masuk kemenu home.
Gambar 1 (diambil dari http://aifawarung.com)

Namun jika gagal maka saya punya cara lain, kebetulan cara diatas untuk Asus Fonepad 7 K012 tidak berhasil. (berhasil sih pertama saya senang tapi setelah saya restart kembali lagi tuh Asus Fonepad 7 K012 saya bootloop) sempat putus asa lagi hampir diantar ke service tapi saya penasaran saya membaca sebuah artikel di kaskus dan saya menggunakan cara tersebut cara yang dikenal banyak orang dengan nama Flash Firmware/Flash ROM (Downgrade dari Kitkat ke Jelly Bean) dan berhasil Asus Fonepad 7 K012 hidup kembali normal dengan melakukan downgrade ke jelly bean. Nah berikut langkah-langkahnya.
  1. download menggunakan pc/laptop firmware Asus Jelly Bean 4.3 versi WW_10_32_1_33_1. Size: 564,53MB teman-teman bisa mendownload nya di website resmi asus atau mencari nya di google atau jika tidak mau repot silahkan download di Firmware Fonepad 7
  2. Saya asumsikan teman-teman sudah melakukan download firmware tersebut, nah sekarang tugas teman-teman buka direktori dimana tempat download firmware tadi tersimpan. setelah itu teman-teman klik kanan file tadi dan klik ekstrak maka muncul file baru UL-K012-WW-10.32.1.33.1-user.zip. kemudian rename file UL-K012-WW-10.32.1.33.1-user.zip menjadi K012_sdupdate.zip (langkah ini Harap menjadi perhatian)
  3. kemudian copy file tadi dan pindahkan ke sd card yang telah tersambung ke pc/laptop letakkan di root SD card jangan di dalam folder.
  4. Pastikan Asus Fonepad 7 K012 Dalam Keadaan mati.
  5. Jika sudah Tekan tombol volume atas dan power secara bersamaan. tunggu beberapa saat dan anda akan masuk ke halaman droidboot.
  6. kembali disini saya akan menjelaskan dalam 2versi
  7. versi 1 setelah masuk ke droid boot silahkan pilih menu SD Update dengan menggunakan tombol volume dan tekan tombol power untuk mengeksekusi menu. tunggu beberapa saat proses installasi jelly bean anda sedang berlangsung.
  8. versi 2 setelah masuk droid boot silahkan pilih menu recovery dengan menggunakan tombol volume dan tekan tombol power untuk mengeksekusi menu. tunggu beberapa saat proses installasi jelly bean anda sedang berlangsung.
Nah dengan cara pertama Asus Fonepad 7 K012 saya memang berhasil tetapi setelah saya restart kembali lagi bootloop, silahkan teman-teman setelah melakukan cara pertama dengan hard reset lakukan restart namun jika kembali lagi masih dalam keadaan bootloop silahkan lakukan dengan cara yang kedua pasti dijamin berhasil asal di baca dengan teliti ya... Nah itu tadi cara Cara Terbaik Memperbaiki Asus Fonepad 7 K012 BOOTLOOP.


Semoga berhasil ya jika ada kesulitan atau tambahan silahkan komen saja

0 comments:

Post a Comment

 
"}); //]]>