Monday 3 August 2015

Flashing Samsung Grand Duos GT-I9082

Cara Flashing/Install Ulang Samsung Galaxy Grand Duos GT-I9082 - Halo semuanya para pengunjung setia ulfandroid yang berbahagia, kesempatan ini saya tentunya akan share kembali tips-tips dan tutorial menarik untuk kalian. Berdasarkan judul diatas, artikel ini akan saya buatkan untuk para pengguna perangkat samsung galaxy grand duos gt-i9082 yang mungkin memiliki masalah di androidnya. Mungkin bisa mulai dari sering error sampai dengan terjadinya bootloop.

Cara Flashing/Install Ulang Samsung Galaxy Grand Duos GT-I9082
Cara flashing grand duos gt-i9082

Bagi kalian yang belum mengetahui apa itu bootloop, bisa membaca artikel pengertian bootloop dan cara mengatasinya. Sebelum kita mulai masuk ke dalam pembahasan flashing saat ini, sedikit saya akan memberikan review mengenai perangkat buatan samsung yaitu galaxy grand duos ini. Samsung Galaxy Grand Duos i9082 telah menggunakan layar sebesar 5 inci dengan resolusi 480X800 pixel yang memiliki 16 juta warna. Menggunakan sistem operasi android 4.1.2 jelly bean, yang dipadu dengan prosesor Dual-Core 1.2 GHz Cortex A9 dibalut dengan memori internal 4GB membuat perangkat ini terlihat powerfull.

Memori external bisa diisi sampai dengan kapasitas 64 GB, membuat kalian yang ingin menyimpan file-file besar dan penting bisa terwujud. Karena mengusung pemakaian layar besar, maka diterapkan teknologi multitasking yaitu kalian bisa membuka lebih dari 1 aplikasi dalam satu layar. Samsung Galaxy Grand Duos i9082 dilengkapi dengan 2 kamera beresolusi tinggi yakni kamera utama dengan 8MP yang dilengkapi auto focus dan LED flash, dan kamera sekunder dengan kekuatan 2MP. Namun sayang, smartphone ini memiliki kelemahan yakni PPInya hanya 180.

Nah, sedikit review mengenai grand duos ini semoga bisa menambah pengetahuan bagi kita semua. Kembali ke permasalahan yaitu android terjadi bootloop dan ingin melakukan flashing atau install ulang, bagaimana melakukannya? oleh sebab itu kita harus terlebih dahulu menyiapkan beberapa komponen dan peralatan yang akan dibutuhkan selama proses berlangsung, seperti:

  • Samsung galaxy grand duos gt-i9082, usahakan kondisi baterai dalam keadaan terisi 75% dan lepas juga kartu memory apabila masih terdapat didalam perangkat.
Bagi yang bingung gabunginnya, saya buatkan video tutorialnya dan bisa kalian lihat dibawah ini:


  • Aplikasi odin v3.09, unduh disini.
  • Samsung USB driver (kies) jika driver tidak ditemukan, unduh disini.
  • Firmware GT-I9082 unduh disini.
  • Sebuah kabel data dan komputer.
  • Tekad dan niat yang kuat untuk berhasil.
Apabila semua komponen dan peralatan diatas sudah terpenuhi semua, akan segera kita mulai proses cara flashing atau install ulang samsung galaxy grand duos gt-i9082.
  • Firmware yang sebelumnya sudah digabungkan, kalian ekstrak di komputer. Terserah bisa kalian letakkan di dekstop atau dimanapun yang kalian suka. Maka, nanti kalian akan melihat firmware dengan nama "I9082XXUBMK7_I9082OLBBMK1_I9082DXUBMI1_HOME.tar.md5".
  • Selanjutnya ekstrak odin yang sudah di unduh sebelumnya, kemudian jalankan juga odin di komputer.
  • Matikan android kalian, lalu hidupkan kembali dengan menekan dan menahan tombol "volume bawah + home + power" bersamaan. Jika muncul logo versi samsungnya, lepas tombol power saja. seketika ada peringatan dengan tulisan dan gambar segitiga berwarna kuning, disni lepas sisa kedua tombol yang ditekan kemudian tekan tombol volume atas satu kali. Kalian akan melihat gambar android di layar perangkat yang dimana itu adalah mode download.
  • Coba hubungkan android dalam mode tersebut dengan menggunakan kabel data ke komputer kalian. Lihat apakah dalam proses install driver tidak terjadi error, namun jika ada error, coba install samsung usb driver (kies) di komputer. Restart komputer kalian.
  • Hubungkan kembali android dengan komputer dengan kabel data, lihat di bagian odin harus ada port dari perangkat kalian disana. Biasanya ditandai dengan warna biru dengan ID:COM "#com port 6" misalnya saja, tiap-tiap perangkat biasanya berbeda.
  • Android sudah terhubung dengan odin, selanjutnya adalah klik "PDA/AP" kemudian cari file "I9082XXUBMK7_I9082OLBBMK1_I9082DXUBMI1_HOME.tar.md5" firmware yang sebelumnya sudah kalian ekstrak dan simpan. Lalu klik "ok".
  • Setelah itu, pada bagian "option" hanya kalian ceklis "auto reboot" dan "f. reset time". Lainnya jangan ada yang di ceklis.
  • Semua sudah dilakukan dan sudah sesuai dengan penjelasan diatas, berikutnya tinggal kita klik "start" untuk memulai proses odin melakukan flashing. Selama proses berlangsung, jangan sekali-kali kalian melepas koneksi antara android dengan komputer, karena itu bisa membuat android menjadi brick/tampilan bata.
  • Tunggu sampai proses flashing selesai, tanda-tanda proses telah selesai adalah akan berubah warna biru pada ID:COM menjadi warna hijau serta akan ada tulisan "success" dengan background hijau.


NB : Jika ada link yang rusak atau tidak bisa ngedownload, silahkan komen di bawah ini.

0 comments:

Post a Comment

 
"}); //]]>